RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
MODEL TEMATIK
Satuan Pendidikan : SD Negeri Harapan Bangsa
Kelas/Semester : III / II (dua)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Tahun Ajaran : 2010/2011
Tema : Pekerjaan
Standar Kompetensi :
IPS
· Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang.
IPA
· Memahami berbagai cara gerak benda, dan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia.
Matematika
· Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Bahasa Indonesia
· Memahami cerita anak yang dilisankan.
· Menguangkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita.
· Memahami teks dengan membaca intensif (150–200 kata) dan membaca puisi.
· Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
Kompetensi Dasar :
IPS
· Mengenal jenis-jenis pekerjaan dan memahami pentingnya semangat kerja.
IPA
· Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran.
· Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia.
Matematika
· Mengenal pecahan sederhana
· Membandingkan pecahan sederhana
· Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
Bahasa Indonesia
· Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang di dengar.
· Melakukan percakapan melalui telepon/ alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas.
· Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150-200 kata)yang dibaca secara intensif.
· Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
· Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik.
· Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik.
Indikator :
IPS
§ Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§ Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang.
§ Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas tiga.
§ Memberikan contoh pekerjaan yang termasuk jasa serta menuliskan pekerjaan yang yang digaji pemerintah.
§ Menjelaskan alasan orang harus bekerja.
§ Memberikan alasan tentang pentingnya orang bekerja.
§ Menyebutkan penting dan memiliki semangat kerja.
§ Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja.
§ Menyebutkan ciri-ciri dan manfaat pekerja keras.
IPA
§ Mengidentifikasi berbagai gerak benda.
§ Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda.
§ Menerapkan berbagai gerak benda dalam memudahka pekerjaan.
§ Mendeskripsikan pengertian angin.
§ Menyebutkan macam-macam cuaca.
§ Menunjukkan cuaca yang ada hubungannya dengan pekerjaan.
Matematika
§ Menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya.
§ Membilang pecahan dengan kata-kata.
§ Menuliskan pecahan dengan lambang dan kata-kata.
§ Membilang pecahan dengan lambang.
§ Membandingkan dua buah pecahan.
§ Menggunakan pembanding lebih, kurang dari atau tanda pembanding.
Bahasa Indonesia
§ Mendengarkan pembacaan cerita.
§ Menceritakan pekerjaan orang tua secara lisan di depan kelas.
§ Membuat percakapan melalui telepon.
§ Membaca bacaan agak panjang secara intensif.
§ Membacakan puisi dengan ekspresi yang tepat.
§ Membuat puisi dengan pilihan kata yang menarik.
§ Menuliskan paragraf sederhana sesuai gambar yang dipilih.
§ Menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
Alokasi Waktu : 2 JP / 1xPertemuan
A. Tujuan Pembelajaran
IPS
1. Siswa dapat mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
2. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang.
3. Siswa dapat membuat daftar pekerjaan orang tua kelas tiga.
4. Siswa dapat memberikan contoh pekerjaan yang termasuk jasa serta menuliskan pekerjaan yang yang digaji pemerintah.
5. Siswa dapat menjelaskan alasan orang harus bekerja.
6. Siswa dapat memberikan alasan tentang pentingnya orang bekerja.
7. Siswa dapat menyebutkan penting dan memiliki semangat kerja.
8. Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja.
9. Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri dan manfaat pekerja keras.
IPA
1. Siswa dapat mengidentifikasi berbagai gerak benda.
2. Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda.
3. Siswa dapat menerapkan berbagai gerak benda dalam memudahka pekerjaan.
4. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian angin.
5. Siswa dapat menyebutkan macam-macam cuaca.
6. Siswa dapat menunjukkan cuaca yang ada hubungannya dengan pekerjaan.
Matematika
1. Siswa dapat menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya.
2. Siswa dapat membilang pecahan dengan kata-kata.
3. Siswa dapat menuliskan pecahan dengan lambang dan kata-kata.
4. Siswa dapat membilang pecahan dengan lambang.
5. Siswa dapat membandingkan dua buah pecahan.
6. Siswa dapat menggunakan pembanding lebih, kurang dari atau tanda pembanding.
Bahasa Indonesia
1. Siswa dapat mendengarkan pembacaan cerita.
2. Siswa dapat menceritakan pekerjaan orang tua secara lisan di depan kelas.
3. Siswa dapat membuat percakapan melalui telepon.
4. Siswa dapat membaca bacaan agak panjang secara intensif.
5. Siswa dapat membacakan puisi dengan ekspresi yang tepat.
6. Siswa dapat membuat puisi dengan pilihan kata yang menarik.
7. Siswa dapat menuliskan paragraf sederhana sesuai gambar yang dipilih.
8. Siswa dapat menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
B. Materi Pembelajaran
1. Jenis-Jenis Pekerjaan.
2. Gerak Benda dan Cuaca.
3. Pecahan.
4. Cita-Cita
C. Metode Pembelajaran
1. Metode Ceramah
2. Metode Diskusi
3. Metode Examples Non Examples (Bahasa Indonesia)
4. Metode Picture And Picture (IPS)
5. Metode Demonstrasi (Matematika)
D. Langkah-Langkah Kegiatan (1x Pertemuan)
1. Kegiatan awal
a. Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
b. Guru mengabsen kehadiran siswa, mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
c. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari, hal ini bermaksud untuk mengetahui keaktifan siswa.
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai.
e. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menggali pengetahuan siswa tentang materi yang dibahas pada pertemuan hari ini.
b. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. (IPS)
c. Guru meminta siswa untuk mengamati gambar bermacam-macam pekerjaan.
d. Guru meminta siswa untuk mengelompokkan gambar-gambar yang menghasilkan jasa dan yang di gaji pemerintah.
e. Siswa membandingkan/membedakan pekerjaan yang digaji pemerintah dengan yang tidak digaji pemerintah berdasarkan gambar.
f. Dari hasil diskusi, siswa diminta untuk mempresentasikan.
g. Guru bersama siswa melakukan percobaan berbagai gerak benda. (IPA)
h. Siswa mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan.
i. Siswa mencatat hasil percobaan.
j. Pertemuan kali ini siswa diminta untuk membawa apel @anak
k. Guru memberikan contoh membelah semangka menjadi beberapa bagian, untuk memudahkan siswa menerima materi pelajaran tentang pecahan. (Matematika)
l. Dari contoh yang telah diberikan, siswa diminta untuk mengerjakan soal kaitannya dengan materi pecahan dengan praktek, apel yang telah dibawa dibelah sesuai tugas kelompok masing-masing.
m. Hasil diskusi didemonstrasikan di depan kelas oleh masing-masing kelompok.
n. Guru membacakan cerita, siswa diminta untuk mendengarkan, lalu siswa menjawab pertanyaan yang ada. (Bahasa Indonesia)
o. Guru melakukan tanya jawab seputar cita-cita
“cita-cita kalian apa?”
“alasan memilih cita-cita tersebut”
p. Guru membimbing siswa untuk melihat bahwa setiap pekerjaan itu mempunyai nilai penting.
q. Guru menempelkan gambar di papan, lalu siswa memperhatikan dan menganalisis gambar tersebut secara kelompok 2-3 orang.
r. Hasil diskusi ditulis di kertas dan dibacakan hasil diskusinya di depan kelas.
s. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil diskusi siswa. (IPS, IPA, Matematika, Bahasa Indonesia)
t. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belum jelas.
u. Guru memberikan motivasi kepada siswa yang belum berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan dari masing-masing mata pelajaran.
b. Guru memberikan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.
c. Guru memberikan tugas rumah kepada siswa untuk pertemuan yang akan datang disetiap pertemuan.
E. Sumber Belajar
1. Sumber Belajar
a. Buku IPS SD DEPDIKNAS halaman 73-86
b. Buku Erlangga IPS SD Kelas III halaman 62-88.
c. Karli, Hilda. 2008. Panduan Belajar Tematik SD untuk Kelas III Semester 2. Jakarta: Erlangga. (Hal. 1-25)
d. Sriwilujeng, Dyah. 2007. Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik untuk SD Kelas III Semester 2. Jakarta: Erlangga. (Hal.41-49)
e. Buku Laen yang relevan
2. Alat peraga
a. Gambar macam-macam pekerjaan.
b. Gambar yang menunjukkan orang yang semangat bekerja dan orang yang malas bekerja.
c. Buah semangka dan buah apel.
F. Penilaian Hasil Belajar :
1. Prosedur tes
- Tes awal : Pada kegiatan awal
- Tes proses : Pada saat proses pembelajaran
- Tes akhir : Mengerjakan soal evaluasi
2. Jenis tes : Lisan, perbuatan, tertulis
3. Bentuk tes : Isian
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas
Dra. Ratnasari Diah Utami, Msi Ana Feriati
NIK. 200.1223 A 510 090 194
NIDN. 06.27036501
Tidak ada komentar:
Posting Komentar